PENGUMUMAN

Untuk sementara BLOG ARBONMANIA.COM sedang dalam masa perbaikan/repairing. Sehingga bagi para Visitor harap maklum. untuk kedepannya, admin blog ARBONMANIA.COM minta saran dan kritik dari para visitor ekalian. silahkan tulis saran dan kritik anda dikotak SM atau CB. terimakasih.

About Me

Foto saya
bojonegoro, JAWA TIMUR, Indonesia
Saya seorang pelajar asal kampung yang ingin bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Dunia

Admin Chat

BADGE

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer ResourcesFree Naruto GamesFree Image Hosting

Search

Rabu, 25 Agustus 2010

Vit D dan Kanker


Jakarta (ANTARA) - Vitamin D memiliki pengaruh kuat terhadap gen yang berkaitan dengan kanker dan penyakit autoimun seperti multiple sklerosis.
Sejumlah ilmuwan dari Inggris dan Kanada menemukan bahwa kekurangan vitamin D memiliki dampak serius terhadap kesehatan karena vitamin itu mempengaruhi lebih dari 200 gen, termasuk yang berkaitan dengan kanker dan penyakit autoimun.

Di seluruh dunia, diperkirakan satu miliar orang mengalami kekurangan vitamin D. Karena itu, pihak yang berwenang di bidang kesehatan perlu mempertimbangkan untuk merekomendasikan suplemen bagi mereka yang paling berisiko kekurangan vitamin D.
"Hasil penelitian kami menunjukkan vitamin memiliki pengaruh besar pada kesehatan kita," kata Andreas Heger dari Functional Genomics Unit pada Universitas Oxford Inggris, yang memimpin penelitian itu.
Vitamin D mempengaruhi DNA melalui sesuatu yang disebut "vitamin D receptor (VDR)", yang terikat pada lokasi khusus dari gen manusia. Tim Heger memetakan titik-titik tersebut dan mengidentifikasi lebih dari 200 gen yang dipengaruhi secara langsung.
Kekurangan vitamin D merupakan faktor risiko yang sangat dikenal untuk penyakit rackitis, dan sejumlah bukti menunjukkan kondisi itu dapat meningkatkan kerentanan terhadap penyakit autoimun seperti multipel sklerosis, arthritis rematik dan siabetes tipe 1, serta beberapa jenis kanker dan demensia.
Tim itu mengamati daerah yang berkaitan dengan penyakit dari peta gen itu untuk mengetahui apakah mereka memiliki kadar ikatan VDR yang lebih tinggi. Mereka menemukan bahwa ikatan VDR "cukup tinggi" pada daerah yang berkaitan dengan sejumlah penyakit autoimun seperti multipel sklerosis, diabetes tipe 1 dan penyakit Crohn`s, serta di daerah yang berkaitan denga kanker seperti leukimia dan kanker usus besar.
Sreeram Ramagopalan, dari Wellcome Trust Center for Human Genetics di Universitas Oxford, mengatakan hasil penelitian itu, yang dipublikasikan dalam jurnal Genome Research, menunjukkan "betapa pentingnya vitamin D bagi manusia."
Sebagian besar vitamin D dibuat oleh tubuh sebagai produk sisa alami dari kulit yang terpapar sinar matahari. Vitamin D juga dapat ditemukan pada minyak hati ikan, telur dan ikan berlemak seperti salmon, ikan haring dan makerel, atau diperoleh sebagai suplemen.
Sejumlah ahli mengatakan setengah jumlah penduduk dunia memiliki kadar vitamin D lebih rendah dari tingkat optimal, dan sekitar satu miliar orang kekurangan vitamin D. Masalah itu memburuk karena orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di ruang tertutup.
Sebuah studi yang dipublikasikan pada Maret menemukan bahwa vitamin D penting untuk mengaktifkan sel pembunuh pada sistem kekebalan tubuh yang dikenal dengan sel T, yang dapat menyebabkan infeksi jika darah kekurangan vitamin D.
Ramagopalan mengatakan studi terbaru itu menunjukkan bahwa vitamin D memainkan peran dalam "kerentanan penyakit" dan pihak berwenang perlu mempertimbangkan untuk memberikan suplemen kepada wanita hamil dan anak-anak muda sebagai langkah pencegahan.
"Suplemen vitamin D selama masa kehamilan dan tahun-tahun awal anak dapat memberikan dampak menguntungkan pada kesehatan anak pada masa selanjutnya," katanya.
Menurut dia, sejumlah negara seperti Prancis memberikan suplemen vitamin D secara rutin sebagai kebijakan kesehatan masyarakat.
Belum ada studi definitif tentang dosis optimal harian vitamin D, tetapi sejumlah ahli merekomendasikan 25 hingga 50 mikrogram.




2 komentar:

  1. tukeran link y, linknya sudah di pasang di http://baca-manga-indonesia.blogspot.com/ dengan nama ARBONMANIA, CEK DI SIDEBAR

    BalasHapus
  2. @Baca Manga Indonesia: Link Sudah dipasang disidebar. SIlahkan cek. Tanks.

    BalasHapus

silahkan beri pendapat tentang informasi diatas.

Jadwal Mivo TV

Make Widget