PENGUMUMAN

Untuk sementara BLOG ARBONMANIA.COM sedang dalam masa perbaikan/repairing. Sehingga bagi para Visitor harap maklum. untuk kedepannya, admin blog ARBONMANIA.COM minta saran dan kritik dari para visitor ekalian. silahkan tulis saran dan kritik anda dikotak SM atau CB. terimakasih.

About Me

Foto saya
bojonegoro, JAWA TIMUR, Indonesia
Saya seorang pelajar asal kampung yang ingin bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Dunia

Admin Chat

BADGE

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer ResourcesFree Naruto GamesFree Image Hosting

Search

Kamis, 17 Juni 2010

Piala Dunia dan Afsel, Bukan Keberuntungan Spanyol?


Kekalahan Spanyol 0-1 dari Swiss, Rabu malam, saya jamin membuat banyak yang terkejut. Dengan status juara Eropa 2008, siapa pula yang menyangkan tim berjuluk Matador itu bisa kalah dari Swiss? Sebelum pertandingan kemarin malam Swiss, peringkat 24, tak sekalipun menang dari peringkat 2 dunia itu.
Tapi itulah fakta yang terjadi di Moses Mabhida Stadium, Durban. Gol tunggal Gelson Fernandes pada menit ke-52, memaksa Spanyol takluk pada laga pembuka mereka di Grup H.
Bagi Swiss inilah kemenangan pertama mereka dari Spanyol sejak keduanya bertemu Juni 1925. Swiss memperbaiki rekor pertemuan mereka menjadi 1 kali menang, 3 kali seri, dan 15 kalah.
Sedangkan bagi Spanyol, kekalahan di Piala Dunia ini, sebenarnya tidak terlalu mengejutkan --- jika melihat rekor mereka di event empat tahunan ini. Malah kian menebalkan status sebagai tim besar namun selalu gagal di Piala Dunia. Di 12 kali keikutsertaan sebelumnya, prestasi terbaik Tim Matador hanyalah peringkat empat pada Piala Dunia 1950 Brasil.
Soal pertandingan mungkin sudah banyak yang membahas. Siapa-siapa saja bintang Spanyol yang dimainkan, bagaimana mereka menguasai pertandingan -- catatan statistik FIFA menyebut 63% penguasaan bola untuk Spanyol dan hanya 37% untuk Swiss. Mereka juga melakukan 24 kali usaha mencetak gol, tiga kali lipat dibandingkan Swiss yang cuma 8 kali.
Oke, Spanyol memang masih punya dua pertandingan lagi, melawan Honduras (21 Juni) dan Cile (25 Juni). Tapi, apa mereka bisa mematahkan mitos, tak ada tim yang bisa juara jika kalah di pertandingan pertama?
Satu lagi, Afrika Selatan sepertinya tidak memberi keberuntungan bagi Spanyol. Ketika tampil di Piala Konfederasi 2009, yang juga digelar di sini, mereka kalah pada babak semifinal 0-2 oleh Amerika Serikat. Apa mereka bisa menghapuskan trauma ini?




0 Komentar:

Posting Komentar

silahkan beri pendapat tentang informasi diatas.

Jadwal Mivo TV

Make Widget