PENGUMUMAN

Untuk sementara BLOG ARBONMANIA.COM sedang dalam masa perbaikan/repairing. Sehingga bagi para Visitor harap maklum. untuk kedepannya, admin blog ARBONMANIA.COM minta saran dan kritik dari para visitor ekalian. silahkan tulis saran dan kritik anda dikotak SM atau CB. terimakasih.

About Me

Foto saya
bojonegoro, JAWA TIMUR, Indonesia
Saya seorang pelajar asal kampung yang ingin bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Dunia

Admin Chat

BADGE

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer ResourcesFree Naruto GamesFree Image Hosting

Search

Selasa, 18 Mei 2010

Saatnya Tidur Lebih Nyenyak

VIVAnews - Saat ini, gangguan tidur merupakan masalah kesehatan yang paling cepat tumbuh. Padahal, banyak proses kerja tubuh yang terjadi saat tidur. Mulai dari proses perbaikan dan pertumbuhan secara fisiologis, biokimia, dan psikologis.
Karena itu, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting perannya pada kesehatan. Terhambatnya proses ini dapat mempengaruhi kesehatan, termasuk kekebalan terhadap penyakit.
“Masalah tidur dapat terjadi pada usia berapa saja. Pada bayi, masalah yang bisa terjadi adalah suddent infant death syndrome (sindroma kematian bayi mendadak), sedangkan pada manula sundown syndrome," kata Deputi Executive Director, International Chiropractors Association (ICA), A
rlington Virginia, Ronald M Hendrickson, yang ditemui dalam acara King Koil “ Healthy Sleep” Seminar di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Senin 17 Mei 2010.
Karena itu, Hendrick mengungkapkan, tidur berkualitas bisa membuat hidup juga berkualitas. Selain tidur minimal 7,5 jam, untuk mendapatkan tidur berkualitas diperlukan lingkungan tidur nyaman.
Bagaimana menciptakan lingkungan tidur nyaman?
- Suhu sejuk
Temperatur kamar yang terlalu panas bisa membuat Anda susah tidur. Agar suhu ruangan kamar terasa sejuk, bisa menyalakan AC atau kipas angin agar sirkulasi udara terasa lebih sejuk.
- Bantal untuk menopang tubuh
Alat-alat tidur yang dipakai seperti bantal juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Gunakan bantal yang bisa menjaga posisi kesejajaran tulang punggung. Sebab fungsi bantal juga sebagai penopang kepala agar berada di posisi yang tepat, tidak terlalu tenggelam atau menunduk. Bantal yang baik pun harus mampu membuat kepala nyaman bergerak baik ke samping kanan maupun kiri.
- Tempat tidur nyaman
Dalam menyeleksi tempat tidur, ukuran merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jadi, pilih ukuran tempat tidur yang bisa menopang dan menjaga posisi tubuh tetap nyaman. Ukuran tempat tidur yang ideal adalah yang bisa membuat tubuh bebas bergerak. Sebab, saat tidur tubuh pun tetap harus bebas bergerak. Jika posisi terlalu monoton, bisa menyebabkan rasa pegal yang terakumulasi.
Tempat tidur juga harus memiliki tepi tidur yang bisa melindungi tubuh saat bergerak, sehingga tubuh punya ruang gerak yang baik. Jika ruang gerak terbatas, bisa menyebabkan tubuh sulit melakukan proses kerja sistem selama tidur, sebab tubuh tetap aktif meski dalam keadaan tidur.
Pilih kasur yang memiliki zoning yang bisa menopang kepala dan pundak, tubuh bagian atas, pinggul, tubuh bagian bawah dan zona kaki. Dengan adanya zoning bisa membagi berat tubuh Anda secara merata ke permukaan matras dan menghilangkan tekanan berlebih pada titik tertentu.
Matras atau kasur yang digunakan harus memiliki aliran udara yang baik. Untuk menyeleksinya, Anda bisa memilih matras tidak terlalu bergoyang saat ditiduri. Matras atau kasur yang berkulitas bisa mencegah Anda mengalami sakit punggung. (umi)

0 Komentar:

Posting Komentar

silahkan beri pendapat tentang informasi diatas.

Jadwal Mivo TV

Make Widget